Gaya Belajar dan Multiple Intelegences


PENDAHULUAN

Gaya Belajar adalah modal belajar yang konsisten yang digunakan peserta didik dalam menerima, merangsang informasi yang diberikan dalam berpikir dan memecahkan masalah. Setiap peserta didik mempunyai gaya belajar yang berbeda antara siswa yang satu dengan yang lain. Oleh karena itu perlunya pemahaman pendidik mengenai gaya belajar peserta didik yang berbeda-beda. Agar setiap anak dapat menikmati pembelajaran. Multiple Intelegensi adalah suatu kemampuan ganda yang dimilki setiap orang diantaranya Spasial, Linguistik, Interpersonal, Musical, Naturalis, Bilingual, Intrapersonal dan Logis Matematis (howard garner , 1983 )

Setiap siswa pasti mempunyai kecerdasan masing-masing yang berbeda yang harus berkembang seumur hidup. Namun setiap siswa juga dapat mempunyai kecerdasan ganda. Untuk mewujudkan kecerdasan ganda yang dapat dimiliki siswa. Pendidik perlu mengetahui cara-cara agar siswa dapat mempunyai kecerdasan ganda karena setiap siswa dapat mengembangkan kecedasan dengan tuntunan dari guru.

Oleh karena itu kita sebagai calon guru agar selalu membelajari gaya belajar yang merupakan modalitas siswa meraih kesuksesan. Dan guru juga harus mempelajari macam-macam kecerdasan yang dimiliki siswa. Agar siswa dapat selalu menikmati pembelajaran.

PEMBAHASAN

  1. GAYA BELAJAR
  2. Pengertian Gaya Belajar

Gaya belajar adalah modal dasar belajar yang konsisten dalam dalam menerima informasi dan memecahkan masalah yang dihadapi. Setiap anak pasti mempunyai gaya belajar yang berbeda yang akan digunakan dalam mengembangkan kecerdasannya.

  1. Macam-Macam Gaya Belajar

Ada tiga macam gaya belajar seseorang diantaranya:

  1. Gaya Belajar Visual

Gaya Belajar Visual adalah cara belajar seseorang dengan mengakses citra visual seperti warna,hubungan ruang potret mental dan gambar yang menonjol.

Cirri-ciri Gaya Belajar orang visual

a)      Teratur, memperhatikan segala sesuatu

b)      Menjaga penampilan

c)      Mengingat dengan gambar

d)     Lebih suka membaca dari pada dibacakan

e)      Membutuhkan gambar.

f)       Mengingat apa yang dilihat.

2. Gaya Belajar yang Andotorial

Gaya Belajar yng Andotorial adalh gaya belajar seseorang yang mengakses segala jenis bunyi dan kata diciptakan maupun diingat seperti music,nada,irama,dialog,suara.

Ciri gaya belajar seseorang orang-orang audutoriial:

a)      Berbicara dengan pola berirama

b)      Berdialog secara internal dan eksternal

c)      Perhatiannya mudah terpecah

d)     Belajar dengan cara mendengarkan

e)      Saat belajar bersuara saat membaca.

3. Gaya Belajar Orang kinestetik

Gaya Belajar Orang Kinestetik adalah gaya belajar seseorang yang mengakses segala jenis seram dan emosi diciptakan maupun dingat. Seperti gerakan.

Ciri-cirinya adalah:

a)      Menyentuh orang

b)      Banyak bergerak.

c)      Membaca dengan menunjuk  tulisan

d)     Menanggapi secara fisik

e)      Mengingat sambil berjalan dan melihat

f)       Belajar dengan melakukan.

  1. Pentingnya Pemahaman Gaya Belajar Bagi Para Guru

Guru merupakan seseorang yang menghantarkan peserta didik menuju kesuksesan. Oleh karena itu setiap setiap guru harus memahami gaya belajar peserta didiknya.

Pengetahuan gaya belajar membaca para guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang bersifat multi-indrawi yang melayani sebaik mungkin kebutuhan individual setiap murid. Dengan memanfaatkan konsep keragaman dan menerima gaya belajar mereka para guru menjadi lebih efektif dalam menentukan strategi-strategi mengajar dan mengajar dan murid akan menjadi pelajar yang lebih percaya diri dan lebih puas dengan kemajuan belajar mereka.

Cara-Cara Mengajar Sesuai Dengan Gaya Belajar Siswa.

Seorang guru harus mempunyai pengetahuan dalam metode mengajar yang sesuai dengan gaya belajar peserta didik sehingga tercipta pembelajaran yang menyenangkan diantaranya :

1)      Siswa Visual

  1. Gunakan kertas tulis dengan tulisan berwarna
  2. Motivasi siswa untuk menggambarkan informasi dengan menggunakan peta,diagram dan warna.
  3. Berdiri tenang saat menyajikan informasi
  4. Beri kode warna untuk bahan pelajaran, dorong siswa menyusun pelajaran mereka dengan aneka warna.

2)      Audotorial

  1. Gunakan variasi vokal
  2. Ajarkan sesuai dengan cara anda menguji
  3. Gunakan pengulangan minta siswa menyebutkan kembali konsep kunci.
  4. Nyanyikan konsep kunci.
  5. Gunakan musik sebagai aba-aba untuk kegiatan rutin.

3)      Orang Kinestetik

  1. Gunakan alat bantu saat mengajar untuk menimbulkan rasa ingin tahu
  2. Ciptakan simulasi konsep
  3. Cobalah berbicara kepada siswa secara pribadi
  4. Peragakan konsep sambil memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajarinya.
  5. Ceritakan pengalaman pribadi mengenai wawasan belajar anda kepada siswa.

MULTIPLE INTELEGENSI

Pengertian Multiple Intelegensi

Multiple Intelegensi Kecerdasan (Inteligensi) secara umum dipahami pada dua tingkat yakni : Kecerdasan sebagai suatu kemampuan untuk memahami informasi yang membentuk pengetahuan dan kesadaran. Kecerdasan sebagai kemampuan untuk memproses informasi sehingga masalah-masalah yang kita hadapi dapat dipecahkan (Problem Solved) dan dengan demikian pengetahuan pun bertambah. Multiple Intelegensi yaitu ada delapan jenis kecerdasan yang dimiliki setiap individu yaitu disingkat menjadi SLIM N BIL ( Spasial, Linguistik, Interpersonal, Musikal, Naturalis, Bilingual, Intrapersonal, Logis ) ( Howard garner, 1983 ).

Seorang guru harus mempunyai pengetahuan tentang kecerdasan siswa melalui ciri-ciri kecerdasan yang ditunjukkan oleh siswanya diantaranya :

1. Kecerdasan Spasial adalah kecerdasan oarang yang berhubungan dengan citra dan gambar. Ciri –ciri orang spasial antara lain :

a)      Memberikan gambaran visual yang jelas ketika menjelaskan sesuatu.

b)      Mudah membaca peta atau diagram

c)      Menggambar sosok orang atau benda persis aslinya

d)      Senang melihat film,slide, foto, atau karya seni lainnya

e)      Sangat menikmati kegiatan visual, seperti teka-teki atau sejenisnya,

f)       Suka melamun dan berfantasi seni.

2. Kecerdasan Linguistik adalah kecerdasan seseorang dalam kata-kata. Ciri-ciri orang linguistik verbal antara lain :

a)      Suka menulis kreatif

b)      Suka mengarang kisah khayal atau menceritakan lelucon

c)      Sangat hafal nama, tempat, tanggal atau hal-hal kecil

d)      Membaca di waktu senggang

e)      Mengeja kata dengan tepat dan mudah

f)       Suka mengisi teka-teki silang

g)      Menikmati dengan cara mendengarkan

h)      Unggul dalam mata pelajaran bahasa (membaca,menulis dan berkomunikasi).

3. Kecerdasan Interpersonal adalah kecerdasan seseorang lewat komunikasi dengan orang lain. Ciri-ciri orang Interpersonal antara lain:

a)      Mempunyai banyak teman

b)      Suka bersosialisasi di sekolah atau di lingkungan tempat tinggalnya

c)      Banyak terlibat dalam kegiatan kelompok di luar jam sekolah

d)      Berperan sebagai penengah ketika terjadi konflik antartemannya

e)      Berempati besar terhadap perasaan atau penderitaan orang lain

f)       Sangat menikmati pekerjaan mengajari orang lain

g)      Berbakat menjadi pemimpin dan berperestasi dalam mata pelajaran   ilmu sosial.

4.  Kecerdasan Musikal adalalah kecerdasan seseorang dalam irama dan melodi.  Ciri-ciri orang musikal antara lain:

a)      Suka memainkan alat musik di rumah atau di sekolah

b)      Mudah mengingat melodi suatu lagu

c)      Lebih bisa belajar dengan iringan musik

d)      Bernyanyi atau bersenandung untuk diri sendiri atau orang lain

e)      Mudah mengikuti irama music

f)       Mempunyai suara bagus untuk bernyanyi

g)      Berprestasi bagus dalam mata pelajaran musik.

5. Kecerdasan Naturalis adalalah kecerdasan seseorang dalam alam. Ciri-ciri orang naturalis antara lain:

a)      Suka dan akrab pada berbagai hewan peliharaan

b)      Sangat menikmati berjalan-jalan di alam terbuka

c)      Suka berkebun atau dekat dengan taman dan memelihara binatang

d)      Menghabiskan waktu di dekat akuarium atau sistem kehidupan alam

e)      Suka membawa pulang serangga, daun bunga atau benda alamlainnya

f)       Berprestasi dalam mata pelajaran IPA, Biologi, dan lingkungan hidup

6. Kecerdasan Badan (Kinestetik-Jasmani) adalah kecerdasan seseorang melalui gerakan fisik. Ciri-ciri orang kinestetik antara lain:

a)      Banyak bergerak ketika duduk atau mendengarkan sesuatu

b)      Aktif dalam kegiatan fisik seperti berenang, bersepeda, hiking atau skateboard

c)      Perlu menyentuh sesuatu yang sedang dipelajarinya

d)      Menikmati kegiatan melompat, lari, gulat atau kegiatan fisik lainnya,

e)      Memperlihatkan keterampilan dalam bidang kerajinan tangan seperti mengukir, menjahit, memahat

6. Kecerdasan Intrapersonal adalah kecerdasan secara reflektif. Ciri-ciri orang Intrapersonal antara lain :

a)      Memperlihatkan sikap independen dan kemauan kuat

b)      Bekerja atau belajar dengan baik seorang diri

c)      Memiliki rasa percaya diri yang tinggi

d)      Banyak belajar dari kesalahan masa lalu

e)      Berpikir fokus dan terarah pada pencapaian tujuan

f)       Banyak terlibat dalam hobi atau proyek yang dikerjakan sendiri.

7. Kecerdasan Matematika-Logis adalah kecerdasan seseorang dengan penalaran. Ciri-ciri orang logis antara lain :

a)      menghitung problem aritmatika dengan cepat di luar kepala

b)      suka mengajukan pertanyaan yang sifatnya analis

c)      ahli dalam permainan catur, halma

d)      mampu menjelaskan masalah secara logis

e)      suka merancang eksperimen untuk membuktikan sesuatu

f)       menghabiskan waktu dengan permainan logika seperti teka-teki, berprestasi dalam Matematika

PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN GURU SESUAI KECERDASAN YANG DIMILIKI SISWA

Setiap guru semestinya mengetahui kecerdasan yang berbeda-beda yang dimiliki siswa sehingga tidak terjadi kegagalan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu guru harus mempunyai metode-metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kecerdasan siswa di kelas :

1.Kecerdasan Spasial

Gunakan reprentasi visual dalam kelas misalnya saat bercerita menggunakan gambarKecerdasan Linguistik Verbal

Gunakan permainan kata-kata

2.Kecerdasan Interpersonal

Berilah tugas kelompok, Gunakan permainan seperti teamwork.

3.Kecerdasan Musikal

Gunakan musik saat mengajar

4.Kecerdasan Naturalis

Bawa anak ke alam saat belajar

  1. Badan Kinestetik

Gunakan gerakan tangan untuk mengingat pelajaran

5. Kecerdasan Intrapersonal

Ceritakan tentang pengalaman anda

6. Kecerdasan Logis Matematis

Gunakan simbol angka saat mengajar

KESIMPULAN

  1. Gaya belajar adalah cara belajar yang konsisten  yang digunakan setiap orang seumur hidup. Ada tiga gaya belajar yang dimiki yaitu audio, visual, kinestetik
  2. Multiple Intelegensi adalah 8 kemampuan berfikir setiap orang yang dimiliki setiap orang diantaranya diantaranya spasial, linguistic, interpersonal, musical, naturalis, bilingual, intrapersonal dan logis matematis.
  3. Setiap guru harus mempunyai pengetahuan tentang gaya belajar dan multiple intelegensi agar menjadikan siswa sukses sesuai kemampuan.

DAFTAR PUSTAKA

Deporter Bobbi. 2000. Quantum Theaching. Bandung: Mizan Media Utama.

Meier Dave. 2004. The Accelbrated Learning. Bandung: Mizan Media Utama.

Deporter Bobby. 1992. Quantum Learning. Bandung: Mizan Media Utama.

One Response to “Gaya Belajar dan Multiple Intelegences”

  1. santy Says:

    guru sendiri kan juga manusia biasa yang hanya memiliki kecerdasan tertentu. lalu apakah guru yang baik itu harus mampu menguasai semua kecerdasan sehingga mampu menyampaikan pelajaran kepada semua anak didiknya dengan baik????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: