Peranan Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan


Usaha Pelayanan BK dlm Pendidikan sangat diperlukan karena dilatarbelakangi oleh bbrp faktor  :

  1. Faktor perkembangan Pendidikan
  2. Faktor Sosio-kultural
  3. FaktorPsikologis

Keterangan:

A.Faktor perkembangan Pendidikan

  1. Adanya demokratisasi pendidikan : pemberian kesempatan yg sama kpd setiap individu untuk memperoleh pelayanan pendidikan yg diselenggarakan oeleh pemerintah maupun swasta. Dampak demokratisasi pendidikan adl terbukanya kesempatan pendidikan….terkumpulnya peserta dg berbagai latar belakang kondisi sosial ekonomi, budaya, suku bgs & agama yg berbeda…..heteroginitas tsb akan menimbulkan permasalahan didalam penyesuaian diri para peserta didik……disinilah perlunya layanan BK untuk membantu perta didik dlm penyessuaian diri dg lingkungan tsb.
  2. Perubahan sistem Pendidikan : Sebagai suatu proses yg dinamis pendidikan akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu sesuai dg perkembangan yg terjadi pada ilmu penget & teknologi. Perubahan itu bisa terjadi pada komponen : kurikulum, strategi belajar-mengajar, media pengajaran, sbr referensi, dll. Akibatnya para siswa dituntut mampu menyesuaikan diri, membuat keputusan shg mrk bs mencapai sukses dlm belajarnya. Ada juga yg punya problem spt : prestasi belajarnya rendah, mengalami kesulitan belajar…. Oleh karena itu pada sebuah lbg pendidikan memerlukan layanan BK oleh tenaga yg berkompeten.
  3. Perluasan program pendidikan : dampak dari demokratisasi pendidikan dan perkembangan teknologi, maka program pendidikan perlu disesuaikan dg kebutuhan masyarakat yg dinamis itu (meninggi, mendatar, & mendalam

B. Faktor Sosio-kultural :  Terjadinya perubahan-perubahan & masalah-masalah yg timbul akibat dr perkembangan zaman & kemajuan masyarakat akan mempengaruhi produk suatu lembaga pendidikan. Tidak setiap individu dapat berhasil dengan baik dlm mengatasi masalah yg timbul…..peserta didik harus dipersiapkan untuk mengatasi tantangan yg timbul & masalah yg dihadapi kelak setelah selesai dari program pendidikan yg sedang ditempuh…..layanan BK akan membantu para peserta didik merasa siap untuk terjun ke lapangan pekerjaan  dan masyarakat.

C. Faktor Psikologis : dari sisi psikologis, peserta didik itu merupakan pribadi yg sedang berkembang menuju ke masa kedewasaannya. Proses perkembangannya itu jelas  dipengaruhi oleh berbagai faktor baik dari dalam ( pembawaan dan kematangan) maupun dari luar (lingkungan). Perkembangan akan berhasil baik jika kedua faktor tsb saling melengkapi. Untuk mencapai perkembangan yg baik dan optimal harus ada asuhan yg terarah……diperlukan BK untuk memberikan asuhan terhadap proses perkembangan pribadi peserta didik.

Dalam konsepsi tentang tugas-tugas perkembangan (developmental task) dikatakan bhw :

Tugas perkembangan adalah tugas yg muncul  pada saat atau sekitar periode tertentu dari kehidupan individu, yg jika berhasil akan menimbulkan rasa bahagia,  dan membawa kearah keberhasilan dlm melaksanakan tugs-tugas berikutnya.  Akan tetapi kalau gagal menimbulkan rasa tidak bahagia dan kesulitan dlm menghadapi tugas-tugas berikutnya. (pelayanan BK diharapkan dapat membantu para peserta didik untuk mencapai tugas-tugas perkembangan itu dg baik)

Fase-fase (SD,SMP,SMA,PT) mencakup fase anak sekolah,fase remaja, dan awal dewasa. Fase-fase perkembangan ini ditandai dg berbagai perubahan menuju ke arah kematangan dlm berbagai aspek, spt aspek : biologis, intelektual, emosional, sikap, nilai, dlsbnya. Para peserta didik kadang-kadang berada pada masa sulit dlm melewati masa transisi ini, dr anak sekolah ke masa remaja, dari remaja memasuki persiapan masa dewasa. Dlm memasuki kedewasaan in jelas diperlukan persiapan yg matang dlm berbagai segi : intelektual, emosional, sosial dll. Pelayanan BK di sekolah jelas merupakan satu-satunya wadah yg bisa menampung masalah-masalah dan membantu para siswa untuk menyelesaikan masalah yg dihadapinya pd masa-masa sulit dan masa transisi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: